Antusiasme Tinggi, Ribuan Warga Vaksinasi di DPRD Jogja

Vaksinasi massal di kompleks DPRD Kota Jogja, Kamis (7/7). Foto : respons istimewa

RESPONS, JOGJA – Ribuan warga Kota Jogja menjalani vaksinasi COVID-19 yang digelar di kompleks DPRD Kota Jogja, mulai 3-7 Juli. Antusiasme warga mengikuti vaksinasi tersebut terbilang tinggi sebab setiap harinya terdaftar 750 warga.

“Dari 3.030 undangan, hampir seluruhnya hadir. Antusiasme masyarakat dalam mengikuti vaksinasi ini sangatlah bagus. Ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin sadar pentingnya vaksin,” ungkap Anggota Pansus Pengawasan Penanganan COVID-19 DPRD Kota Jogja, Nurcahyo Nugroho, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/7).

Vaksinasi massal tersebut dilaksanakan di halaman parkir barat gedung DPRD Kota Jogja, terbagi ke dalam empat gelombang. Dimulai sejak Sabtu (3/7), masing-masing gelombang diikuti 750 warga terdaftar. Meskipun tampak terjadi antrian panjang namun proses vaksinasi berjalan lancar dan tertib.

RESPONS JUGA : Jadup Meningkat, Dinsos Diminta Siapkan Anggaran

Menurut Nurcahyo dalam vaksinasi massal tersebut diperoleh alokasi 3.030 dosis, dimana hampir seluruhnya terinjeksi. Politisi PKS itu memastikan agenda tersebut berlangsung dengan baik, meski ditengah pelaksanaan PPKM Darurat.

“Harapanya, program vaksinasi massal seperti ini terus digencarkan. Tujuannya untuk menciptakan herd imunity, juga untuk menekan angka kesakitan, serta kematian akibat paparan COVID-19,” terangnya.

Pihaknya mendorong Pemkot Jogja agar memperbanyak lokasi vaksinasi bagi masyarakat. Sehingga, tak terpusat di faskes, baik itu rumah sakit, atau Puskesmas di wilayah.

RESPONS JUGA : Pasien Melonjak, Pemkot Diminta Gerak Cepat

“Seharusnya itu tersebar di beberapa lokasi. Lalu, untuk pendaftarannya, bisa menggunakan sistem online, ya. Jadi, masyarakat tinggal datang saja, sesuai dengan lokasi yang sudah ditentukan saat mendaftar,” ungkapnya.

Nurcahyo juga mengingatkan agar masyarakat yang sudah divaksin tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Percepatan VaksinasiĀ 

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Jogja (Dinkes) Emma Rahmi Aryani menjelaskan sejauh ini, pihaknya telah menginjeksi vaksin kepada 169.442 warga untuk dosis yang pertama, serta 104.852 untuk dosis yang kedua.

“Upaya percepatan vaksinasi bagi masyarakat terus kita tempuh, ya. Terakhir, dari 3 Juli lalu, sampai 7 Juli, di DPRD Kota Jogja. Kedepan kita masih ada agenda lagi,” katanya.

Menurutnya, sejak awal Pemkot memang mendorong layanan publik yang memiliki tempat luas, sebagai lokasi vaksinasi. Salah satunya diantaranya membuka sentra vaksinasi di Kebun Binatang Gembira Loka (GL Zoo), Kota Jogja.

RESPONS JUGA : Pemkot Jogja Diminta Siapkan Tambahan Kamar dan Shelter

“Rencananya itu mulai minggu depan, kita buka sentra vaksinasi di GL Zoo. Nanti, skemanya tiga kali dalam satu minggu, dengan sasaran 500 orang,” katanya.

Emma pun memastikan, sentra vaksinasi tersebut dapat diakses oleh seluruh kalangan masyarakat. Sesuai rencana, pendaftaran akan dibuka dengan format daring. “Nanti pendaftarannya online, baru proses dibuat, sekitar Jumat sudah selesai aplikasinya,” tutur dia. (Ara/Age)

Response (1)

Comments are closed.