Apa Makna Kunjungan AHY Gelar Kemah di DIY?

  • Share
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Ketua Plt. Partai Demokrat Kota Jogja Rini Hapsari disela kegiatan kemah bersama di Bumi Perkemahan, Kaliurang, Sleman, DIY, Sabtu (3/4). Foto: Istimewa Respons.id

RESPONS, JOGJA – Malam itu seolah menjadi malam keakraban (makrab) bagi Ketua Umum DPP Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan kader maupun pengurus PD di Bumi Perkemahan, Kaliurang, Sleman, Sabtu (3/4). Bagi kader di daerah, kedatangan AHY di DIY memberikan dorongan semangat tersendiri dalam membangun konsolidasi internal partai.

Lawatan AHY ke Jogja dimulai dengan mengunjungi gedung Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, di Jalan Cik Ditiro, Jogja. AHY bertemu dengan Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir serta dihadiri melalui zoom meeting oleh mantan Ketua PP Muhammadiyah Syafi’i Ma’arif. Terdapat empat pembicaraan penting dari hasil pertemuan yang berlangsung satu jam tersebut.

Pertama, kaitan dengan ancaman demokrasi bagi bangsa. Kedua, pancasila sebagai dasar negara sudah menjadi keputusan bangsa dan harus terus dijaga dan diterapkan. Ketiga, diskusi mengenai nilai-nilai keagamaan dan etika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Keempat, pihaknya bersama PP Muhammadiyah sepakat Indonesia negara yang majemuk, tentu harus utuh selamanya.

RESPONS JUGA: AHY Bertemu Ketum PP Muhammadiyah, Inilah Empat Hal Pembicaraan

Usai pamit dari gedung PP Muhammadiyah, AHY bersama rombongan melanjutkan temu kader pengurus DPD dan DPC PD se-DIY di Bumi Perkemahan Kaliurang, Sleman. Dalam kesempatan ini AHY memanfaatkan sebagai malam keakraban bersama kader. Kegiatan  santai, asyik, namun tetap dalam semangat konsolidasi.

“Kita adakan api unggun dan berdiskusi di alam terbuka, juga jalan kaki bersama. Ada permintaan salah satu pedukuhan Kaliurang Timur yang akan dibuat kampung wisata dengan penanaman 15 pohon alpukat mentega, dimana kelak buah alpukat menjadi buah identitas Kaliurang,” terang Sekretaris DPD PD DIY, Freeda Mustikasari, Senin (5/4).

RESPONS JUGA:Ketua Demokrat Sleman Resmi Diganti

Freeda menjelaskan pesan AHY kepada para kader dan pengurus di DIY agar tetap solid bersama rakyat dengan menyerap aspirasi dan memberikan solusi. Seperti tagline PD “Harapan Rakyat, Perjuangan Demokrat”, ” kata Freeda yang juga menjabat sebagai Plt. Ketua DPC PD Sleman.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono didampingi Ketua dan Sekretaris DPD Partai Demokrat DIY Heri Sebayang dan Freeda Mustikasari, serta rombongan para pengurus dan kader saat jalan-jalan di kawasan Bumi Perkemahan, Kaliurang, Sleman, DIY, Sabtu (3/4). Foto: Istimewa Respons.id

Ketua Plt. PD Kota Jogja Rini Hapsari melihat kunjungan AHY di DIY memberikan makna bahwa PD terbukti solid dari pusat hingga daerah. Bahkan, tidak tanggung-tanggung dilaksanakan kemah bersama yang membawa suasana keakraban antar kader.

“Menjadi bukti adanya konsolidasi kebawah. Mas AHY berpesan kerja-kerja politik sosial harus dilakukan tetap waspada dan tidak boleh lengah,” ucap Rini.

RESPONS JUGA:Demokrat Luncurkan Gerakan Pengibaran Bendera

Sebagai nahkoda PD di Kota Jogja, Rini merasa terpanggil untuk terus memperkuat soliditas internal partai. “Kami akan terus lakukan penguatan partai baik di tingkat kecamatan hingga tingkat ranting/kelurahan. Bahkan kami minta kader-kader Demokrat ambil bagian dalam kepengurusan RT maupun RW, ” terangnya.

Menurutnya, partai demokrat konsisten koalisi dengan rakyat dengan memperjuangkan program-program yang pro-rakyat. “Karena itu sesuai pesan Mas AHY, kita terus membangun komunikasi politik sipil society, ” tutur Rini. (Ara)

  • Share