Aspirasi Mangkrak, PAN Segera Isi Kursi Kosong DPR

Wakil Ketua DPP PAN Bidang POK Mumtaz Rais, Ketua DPD PAN Bantul Wildan Nafis saat menghadiri Muscab dan Musran PAN Kecamatan Banguntapan, Bantul, Senin malam, (5/4). Foto: istimewa respons.

RESPONS, JOGJA – Kekosongan keterwakilan PAN di DPR RI dari daerah pemilihan DIY, segera diisi. Kekosongan kursi DPR yang ditinggalkan Hanafi Rais sejak Mei 2020 hingga hampir setahun ini, membuat aspirasi konstituen PAN di DIY mangkrak dalam arti tidak adanya saluran politik yang mewakili.

Kebutuhan untuk segera melakukan pengisian kursi tersebut kembali mengemuka saat Wakil Ketua DPP PAN Bidang POK Mumtaz Rais menghadiri  Muscab DPC PAN Banguntapan Bantul serta Musran pengurus tingkat kelurahan se-Kecamatan Banguntapan, Senin malam (5/4). Hadir dalam kesempatan itu Ketua DPD PAN Bantul Wildan Nafis, serta dari DPW PAN DIY.

Menurut Sekretaris DPW PAN DIY Indaruwanto Eko Cahyono meneruskan instruksi DPP setelah dilaksanakan Muscab dan Musran tersebut maka penyusunan kepengurusan DPC dan DPRt agar segera diselesaikan. “Segera jalankan agenda agenda partai. DPC juga diharapkan segera mempersiapkan kader terbaik untuk caleg yang nanti akan berkompetisi di 2024,” terang Ndaru menyampaikan sambutan Mumtaz Rais, Rabu (7/4).

RESPONS JOGJA:Zulhas Terbitkan SK Lima DPD, Putra Bupati Sleman Pimpin PAN Sleman

Perihal kekosongan kursi DPR RI dari dapil DIY, Mumtaz juga menyampaikan akan segera melakukan pengisian. “Insya Allah kekosongan DPR RI pasca pengunduran diri saudara Hanafi Rais akan segera diisi supaya kekosongan yang terlalu lama ini tidak merugikan konstituen PAN dan masyarakat, ” ungkap Ndaru mengutip pernyataan Mumtaz.

Hitungan kerugian politik setidaknya dapat diketahui dari masa reses anggota DPR sebanyak empat kali dalam setahun. Untuk sekali reses mendapatkan dana sekitar Rp.400 juta. Kerugian lainnya tidak adanya pendampingan program, ataupun saluran aspirasi politik.

Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Jogja itu mengungkapkan Mumtaz Rais yang merupakan adik kandung Hanafi Rais kelak akan maju sebagai calon legislatif dari dapil DIY. “Beliau masih muda tapi ide dan gagasannya sangat visioner. Beliau akan melanjutkan perjuangan sang kakak (Hanafi Rais), beliau sudah siap dan mantab untuk melanjutkan program dan membuat program-program baru untuk masyarakat dan PAN di DIY, ” ujarnya.

RESPONS JUGA:PAN DIY Mulai Jalankan Sosialisasi Pra Muscab

Adapun pengganti Hanafi Rais tak lepas dari mekanisme perankingan perolehan suara terbanyak caleg DPR RI dari PAN pada pemilu 2019 yang telah ditetapkan oleh KPU. Sebagai calon petahana Hanafi Rais unggul dengan perolehan 171,316 suara, berada di ranking kedua Yuni Astuti memperoleh 7.069 suara, di peringkat ketiga Ibnu Mahmud Bilalludin mendapatkan 6.627 suara dan lima nama caleg lainnya memperoleh suara yang tidak signifikan.

RESPONS JUGA:Hanafi Rais Mundur, Yuni Berpeluang Menggantikan

Diketahui, Ahmad Hanafi Rais menyatakan mundur dari keanggotaan DPR RI dan PAN disampaikan melalui secarik kertas tertanggal 5 Mei 2020 yang ditandatanganinya diatas meterai. “Bersama surat ini, saya menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR, dan dari anggota DPR Fraksi PAN 2019-2024,” terang Hanafi secara tertulis, Selasa 5 Mei 2021. (Ara)

Response (1)

Comments are closed.