Corona, DPRD DIY Stop Kunker

  • Share

RESPONS. id – Seiring menjalarnya wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di berbagai daerah di Indonesia, DPRD DIY memutuskan untuk menghentikan segala kegiatan perjalanan dinas termasuk kunjungan kerja (kunker) ke luar daerah dan luar negeri. Kunker hanya dibatasi dalam daerah wilayah DIY.

Wakil Ketua III DPRD DIY Anton Prabu Semendawai menjelaskan setelah melalui banyak pertimbangan terkait perkembangan situasi terakhir, maka kegiatan perjalanan ke luar daerah di DPRD DIY untuk sementara waktu ditiadakan. “Termasuk perjalanan dinas ke Jakarta, juga dihentikan,” terang Anton, Jumat (20/3/2020).

Menurut Anton, khusus kegiatan dewan diterapkan lock down, dalam pengertian kegiatan – kegiatan yang berhubungan langsung dengan banyak orang dihentikan. “Seperti menerima tamu kunjungan dari luar daerah juga dihentikan,” ujar dia.

Politisi Gerindra itu mengungkapkan, tidaklah bijaksana jika kegiatan perjalanan dinas ke luar daerah tetap dilaksanakan ditengah bencana non alam yaitu wabah Corona. Namun demikian bukan lantas semua kegiatan dihentikan, beberapa kegiatan dalam daerah di Provinsi DIY tetap diagendakan.

“Kurang bijak juga kalau tetap ada kunker. Karena itu kita lebih kdd (Kunjungan Dalam Daerah) bersama Komisi – Komisi, ” tutur dia.

Pun, kunjungan dalam daerah juga lebih dititikberatkan untuk mengecek fasilitas kesehatan, kesiapan tenaga medis, dan sarana pendukung lainnya yang berkaitan dengan penanganan corona.

Sekretaris DPRD DIY Haryanta, membenarkan pemberhentian perjalanan dinas ke luar daerah, termasuk larangan ke luar negeri. “Kunker Luar Daerah dan Luar Negeri Distop, ” ucap dia.

Haryanta menjelaskan keputusan pemberhentian kegiatan perjalanan keluar daerah dan ke luar negeri tersebut diambil setelah pimpinan DPRD DIY, sejak Senin (9/3/2020).

Terkait lama waktu pemberhentian kegiatan kunker tersebut, Wakil Ketua I DPRD DIY Huda Tri Yudiana mengatakan belum bisa ditentukan. “Yang jelas sampai wabah ini berlalu, ” tegas politisi PKS, itu. (Ara)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.