DIY Belum Terapkan KLB, Dewan Minta Siapkan Kapal Kosong

  • Share

RESPONS.id – Pemerintah Provinsi (Pemrov) DIY masih menghindari penetapan status Kejadian Luar Biasa (KLB) meskipun perkembangan wabah virus Corona sudah menjalar di berbagai daerah di Indonesia. Langkah tersebut mendapatkan dukungan dari DPRD DIY, namun tetap meminta agar Pemprov DIY menyiapkan kapal kosong.

Wakil Ketua I DPRD DIY Huda Tri Yudiana menyatakan dukungannya kepada Gubernur DIY Sri Sultan HB X yang sampai saat ini tidak menerapkan KLB di DIY. “Sebab hal itu terkait dampak ekonomi rakyat kecil yang luar biasa, apalagi dari sektor pariwisata, ” terang Huda, Jumat (20/3/2020).

Politisi PKS itu menyebutkan yang perlu dilakukan sekarang adalah langkah langkah tegas dan efektif untuk meminimalkan penularan dan menyiapkan infrastruktur kesehatan secepatnya. “Bahasa saya kita siapkan kapal kosong sehingga jika suatu saat diperlukan langsung bisa diisi. Semoga saja tidak terjadi pembengkakan jumlah pasien yang memerlukan perawatan melebihi kapasitas rumah sakit kita. Tapi, apapun harus disiapkan sebagai skenario terburuk, ” ujar Huda.

Masalah lainnya, terkait keamanan tenaga kesehatan perlu mendapatkan prioritas perhatian. Sebab, para medis dan medis sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat. “Pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) harus segera dilakukan. Jika kesulitan dapat yang ideal kita cari yang sekali pakai tidak apa. Sambil menunggu yang ideal, ” ungkapnya.

Sebagai langkah solusi cepat dalam pengadaan ADP, Huda mendorong untuk jenis pakaian cover all bisa diproduksi oleh pabrik tekstil yanga terdapat di DIY. “Kita minta kerjasamanya untuk sementara produksi APD meski belum ideal. Hal ini harus dikomunikasikan oleh instansi terkait dengan perusahaan DIY yang mampu produksi APD, ” tutur dia.

Huda sendiri langsung melakukan kunjungan lapangan ke RS Ghrasia untuk melihat kesiapan jika seandainya diperlukan pengkhususan perawatan bagi pasien dalam pengawasan (PDP) . Dari Dinas Kesehatan sendiri juga sudah mengumpulkan semua RS di DIY sebagai persiapan.

“Semoga kapal kosong ini akan kosong dan tidak terisi pasien pasien. DPRD DIY akan senantiasa bersama rakyat menghadapi masa masa sulit ini. Semoga segera berlalu dan diberikan keselamatan oleh Allah, ” harap Huda. (Ara)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.