Gelar Muswil, PAN DIY Siap Bertaruh di “Basis Tempur”

RESPONS, JOGJA – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) DIY akan menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-V, bertempat di hotel Inna Garuda, Rabu (30/12), besok. Muswil sendiri merupakan agenda organisasi tertinggi di tingkat wilayah sebagai lanjutan pasca Kongres PAN ke-V di Kendari Sulawesi Tenggara, Februari 2020.

Muswil kali ini berbeda dengan sebelumnya, karena berjalan tanpa bayang-bayang tokoh central pendiri PAN, yang saat ini tengah merintis Partai Ummat yaitu Amien Rais. Ia meninggalkan partai yang didirikannya, pasca Kongres PAN ke V di Kendari.

Merespons PAN di DIY sendiri memiliki histori sebagai salah partai terbesar, yang tak bisa menafikan pengaruh Amien Rais. Sehingga, praktis di DIY sendiri akan menjadi “basis tempur” sekaligus ujian politik dan barometer keberlangsungan PAN, tanpa campur tangan politik dari Amien Rais.

Saat ditanya, terkait optimisme PAN pasca ditinggal Amien Rais, Ketua Steering Committee (SC) Muswil PAN DIY, Suharwanta mengaku PAN DIY tetap optimis. PAN menurutnya memiliki pengalaman banyak karena sudah berkiprah 20 tahun.

“Kita tetap optimis. Patah satu tumbuh seribu. Jadi tetap optimis. Sudah 20 tahun lalu sudah banyak pengalaman. Sudah belajar banyak bagaimana kerja kerja politik,” ucap dia, saat menyampaikan keterangan pers di Kantor DPW PAN DIY, Senin (28/12).

Wakil Ketua DPRD DIY itu berujar saat ini PAN harus memulai untuk tidak tergantung kepada salah satu figur. Diakuinya kefiguran seseorang memang memiliki pengaruh namun tidaklah signifikan. “Memang ada pengaruhnya tapi tidak terlalu signifikan mengubah arah,” tegas dia.

Suharwanta menegaskan perhelatan Muswil sekaligus menjadi ajang baru untuk konsolidasi internal PAN. Ia mengatakan PAN dari pusat hingga daerah, berfokus mendengungkan partainya sebagai partai yang mengusung gagasan-gagasan baru dan bagaimana berkontribusi untuk kesejahteraan masyarakat.

“Sebab kompetitor PAN tidak hanya partai baru, tapi banyak partai. PAN tidak mau lagi bersikap kaku dan kering gagasan. Intinya kami ingin membawa semangat baru, untuk kader-kader muda PAN ke depan kami lebih banyak ruang dan kesempatan menuangkan gagasan mereka,” ujarnya.

Suasana jumpa pers di Pendopo Kantor DPW PAN DIY, di Tegalgendu, Kotagede, Kota Jogja.

Menurutnya, PAN akan memaksimalkan fungsi-fungsi partai dan tidak tergantung kepada salah figur. Membangun komunikasi dengan berbagai elemen termasuk memastikan akan mulai membuka komunikasi dengan Raja Keraton yang juga Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Gubernur DIY termasuk tokoh yang akan kami undang saat Muswil ke-V nanti, itu upaya kami mulai membuka komunikasi dengan pemerintah dan Kasultanan,” ucapnya.

RESPONS TERKAIT : 

PAN Jogja Gelar Baksos di PAY Putri Aisyiyah

Gus’ud Jabat Ketua PKS DIY, Inilah Formasi Baru di Rel Oposisi

Jogjabike Perluas Wisata Bersepeda

Terjaring 12 Nama Calon Formatur

Muswil sendiri akan dihadiri lebih dari seratus orang, terdiri dari perwakilan DPP, DPW, DPD, dan masing-masing Ketua DPC PAN se-DIY. Muswil PAN DIY berhasil menjaring sebanyak 12 kader calon formatur. Dari 12 nama kemudian dipilih empat besar sebagai formatur, dan satu perwakilan dari DPP.

“Formasi kepengurusan posisi Ketua dan lainnya akan ditentukan berdasarkan musyawarah oleh formatur yang terpilih, ditambah satu perwakilan dari DPP, ” terang Organizing Committee (SC) Indaruwanto Eko Cahyono.

Kedua belas nama yang terjaring calon formatur itu meliputi Suharwanta (Wakil Ketua DPRD DIY), Indaruwanto Eko Cahyono (Ketua Fraksi DPRD Kota Jogja), Respati Agus Sasongko (Ketua DPD PAN Sleman), Sugeng Nurmanto (Ketua Barisan Muda PAN DIY, Anggota DPRD Gunungkidul) , Heroe Poerwadi (Wakil Walikota Jogja, Ketua DPD PAN Kota Jogja), Mahmud Ardi Widanto (Ketua DPD PAN Bantul).

Selanjutnya ada Hanum Salsabila (Anggota DPRD DIY), Arif Kurniawan (Anggota DPRD Sleman), Priyo Santoso (Anggota DPRD Kulonprogo), Atmaji (Anggota DPRD DIY), Inoki Azmi (Wakil Ketua DPRD Sleman), serta Arif Noor Hartanto atau biasa disebut Inung. (Age)

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published.