Harwanta Pimpin PAN DIY

RESPONS, JOGJA – Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-5 Partai Amanat Nasional (PAN) DIY berhasil menelorkan pergantian kepengurusan baru periode 2020-2025, bertempat di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta, Rabu (30/12). Berhasil menetapkan sebagai Ketua Suharwanta, Sekretaris Indaruwanto Eko Cahyono dan Bendahara oleh Sugeng Nurmanto.

Mekanisme pengambilan keputusan Muswil ke-5 PAN DIY melalui musyawarah mufakat. Pada awalnya penjaringan sebanyak 12 nama calon formatur, kemudian diretas menjadi empat nama namun oleh DPP dilakukan perubahan dari empat nama menjadi enam nama.

“Jadi, tadi dari semua yang mendaftarkan itu diajukan ke DPP, kemudian dilakukan verifikasi, lalu dikembalikan ke forum Muswil untuk calon formatur sejumlah enam orang, ” terang Ndaru.

Dari keenam orang dibawa oleh DPP kemudian diumumkan di forum Muswil untuk dimintakan persetujuan peserta sidang. “Ditanyakan ke seluruh peserta apakah disetujui. Akhirnya disetujui oleh peserta muswil untuk enam orang formatur, ” ucap anggota DPRD Kota Jogja, itu.

Keenam orang itu adalah Suharwanta, Indaruwanto Eko Cahyono, Sugeng Nurmanto, Arif Kurniawan, Heroe Purwadi dan Affan Baskara. Enam orang itu kemudian melakukan musyawarah mufakat hingga akhirnya menunjuk posisi Ketua, Sekretaris dan Bendahara.

“Kemudian enam orang formatur itu rapat untuk menentukan Ketua formatur.
Disitu disetujui dengan cara musyawarah menunjuk Pak Suharwanta menjadi ketua formatur, setelah disetujui di rapat formatur tersebut lalu nama-nama itu dikirim ke DPP, ” terang dia.

Sementara Harwanta sendiri menyatakan kesiapannya melaksanakan amanah Muswil ke-5 PAN DIY. “Juga akan menjalankan program- partai untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat DIY,” terang politisi asal Daerah Pemilihan Bantul Timur, itu.

Dua hari menjelang Muswil ke-5 PAN DIY, Rabu (28/12) kemarin, Harwanta yang juga menjadi Ketua Steering Committee (SC), sudah menabuh optimisme di tubuh PAN. Kendati PAN saat ini telah ditinggalkan Amien Rais namun PAN telah memiliki pengalaman banyak karena sudah berkiprah 20 tahun.

“Kita tetap optimistis. Patah satu tumbuh seribu. Jadi tetap optimis. Sudah 20 tahun lalu sudah banyak pengalaman. Sudah belajar banyak bagaimana kerja kerja politik,” ucap dia, saat menyampaikan keterangan pers di Kantor DPW PAN DIY, Senin (28/12).

RESPONS TERKAIT : 

Pertama Dalam Sejarah HB X Hadiri Muswil PAN DIY, Ada Apa?

Gelar Muswil, PAN DIY Siap Bertaruh di “Basis Tempur”

PAN Jogja Gelar Baksos di PAY Putri Aisyiyah

Gus’ud Jabat Ketua PKS DIY, Inilah Formasi Baru di Rel Oposisi

Politisi yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua II DPRD DIY itu juga berujar saat ini PAN harus memulai untuk tidak tergantung kepada salah satu figur. Diakuinya kefiguran seseorang memang memiliki pengaruh namun tidaklah signifikan. “Memang ada pengaruhnya tapi tidak terlalu signifikan mengubah arah,” tegas dia.

Muswil ke-5 PAN DIY dihadiri langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Sejumlah tamu undangan juga hadir antara lain perwakilan pimpinan Partai Politik di DIY juga hadir, Beberapa Kepala Daerah di DIY yang diusung oleh PAN, serta perwakilan ormas Muhammadiyah dan Aisiyah di DIY. Peserta Muswil lebih dari seratus orang, terdiri dari perwakilan DPP, DPW, DPD, dan masing-masing Ketua DPC PAN se-DIY. (Age)