Huda Minta Tersangka tidak Disamakan seperti Penjahat

  • Share

RESPONS.id – Huda Tri Yudiana, yang merupakan Wakil Ketua DPRD DIY,  mengungkapkan tragedi meninggalnya 10 siswi SMPN I Turi yang hanyut terseret arus banjir, menjadi tamparan bagi dunia pendidikan. Peristiwa yang memperihatinkan dan menyedihkan tersebut harus menjadi evaluasi terutama menyangkut prosesur tetap (protap) kegiatan sekolahan.

“Sangat menyayangkan kelalaian yang dilakukan oleh beberapa guru, wajar jika dilakukan proses hukum oleh aparat, agar menjadi pelajaran yang tidak terulang, ” terang Huda di DPRD DIY, Rabu (26/2/2020).

Huda yang merupakan alumnus SMPN I Turi itu meminta agar proses hukum dilaksanakan sewajarnya. Secara pribadi mereka menjalani proses hukum atas kelalaian mereka, tetapi semestinya tetap diperlakukan secara wajar sebagaimana orang yang menjalani proses hukum. “Jangan diperlakukan seperti penjahat atau koruptor yang melakukan tindakan mereka dengan kesengajaan,” ujar dia.

Ia pun merasa sedih tersebarnya foto-foto guru SMPN 1 Turi Sleman yang jadi tersangka dengan kepala digundul serta mengenakan baju pesakitan. Lebih menyakitkan lagi, foto-foto tersebut beredar di sosial media dengan beragam komentar miring dari warganet.

“Prihatin saja ketika mengetahui foto-foto di sosmed dengan kepala digundul. Karena itu kami mohon agar proses hukum dilakukan secara adil sesuai dengan kaidah hukum yang berlaku di negara ini,” tutur Huda.

Ia berharap bantuan hukum tetap diberikan oleh institusi yang berwenang. Hal yang paling penting adalah evaluasi menyeluruh terhadap protap setiap kegiatan dan trauma healing bagi para siswa SMPN 1 Turi.

Pihaknya mendesak agar insyansi berwenang segera melakukan evaluasi terhadap prosedur dan protap kegiatan outing bagi siswa baik di sungai ataupun bukan di sungai.

“Faktor keselamatan harus nomor satu. Kita sangat menyayangkan kelalaian yang dilakukan oleh beberapa guru yang mengakibatkan peristiwa ini terjadi,” kata dia. Menjadi pelajaran yang sangat menyakitkan bagi kita semua. Kita semua berdoa dan berusaha agar peristiwa ini tidak pernah terulang lagi, ” tandas Politisi PKS, itu. (Ara) 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.