Ijtima’ Ulama III Berpeluang Digelar, Bahas Kecurangan Pemilu

  • Share

RESPONS.id – Kemelut proses penghitungan hasil pemilu yang sedang berjalan saat ini ternyata berpotensi membuka pintu digelarnya ijtima’ ulama untuk yang ketiga kalinya. Sebagaian pihak yang selama ini terlibat di Persaudaraan Alumni (PA) 212 memberikan signal kuat akan adanya ijtima’ ulama III untuk membahas kecurangan pemilu. 


Mengutip dari CNNIndonesia, Sobri Lubis selaku Ketua Umum DPP Front Pembela Islam (FPI) membeberkan kemungkinan diadakannya ijma’ ulama ketiga. Keterangan itu disampaikan melalui video yang tersebar di media sosial, termasuk juga di laman Youtube yang diunggah oleh akun Pecinta Habib Rizieq Syihab pada Rabu (24/4).


Ia menyampaikan Ijtima ketiga akan menentukan sikap yang ditempuh ulama dan umat Islam dalam menyikapi kecurangan dalam pemilu. “Sekarang ini, mau tidak mau. Ini harga diri rakyat, harga diri bangsa Indonesia. Apa kita mau jadi bangsa yang curang? Yuk mari bersama-sama semua, umat Islam. Insyallah sebentar lagi kita akan menggelar Ijtima Ulama ketiga,” ucap Sobri dikutip dari CNNIndonesia.


Namun Sobri tidak menjelaskan kepastian waktu dan tempat pelaksanaan ijtima’ ulama ketiga tersebut. Dia hanya mengatakan bahwa Ijtima Ulama ketiga nanti akan menentukan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh kelompoknya. 
Kita pikir udah selesai. Eh, masih berlanjut juga sekarang. Yuk mari kita ramai-ramai mendukung bersama para ulama menyelamatkan kehormatan Indonesia, ” ucap Sobri dikutip dari CNNIndonesia.

Diketahui tokoh – tokoh ormas Islam dalam Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama telah dua kali menggelar Ijtima Ulama. Hasil Ijtima Ulama yang pertama adalah mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden dalam Pilpres 2019. Kala itu, belum diketahui siapa pendamping Prabowo sebagai capres yang didaftarkan ke KPU sebagai peserta Pilpres 2019.


Kemudian, GNPF menggelar Ijtima Ulama yang kedua yang menghasilkan dukungan kepada Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019. Di momen yang sama, Prabowo juga menandatangi pakta berisi sejumlah janji yang akan dilaksanakan Prabowo jika terpilih sebagai presiden selanjutnya. (*)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.