Ketua PDM Jogja Sebut PAN Partai Dekat Muhammadiyah

Ketua dan Sekretaris DPD PAN Kota Yogyakarta Arif Noor Hartanto dan Rifki Listianto, duduk berdampingan dengan Ketua PDM Kota Yogyakarta Akhid Widi Rahmanto, dalam forum silaturahmi di Gedung PDM Kota Yogyakarta, Jalan Sultan Agung, Selasa (11/5). Foto : respons istimewa

RESPONS, JOGJA – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta menerima kunjungan silaturahmi dari jajaran DPD PAN Kota Yogyakarta, bertempat di gedung PDM, Jalan Sultan Agung, Selasa (11/5). Dalam kesempatan ini PAN disebut merupakan partai yang paling dekat dengan Muhammadiyah.

Kunjungan rombongan pengurus partai berlambang matahari bersinar itu dipimpin oleh Ketua DPD PAN Kota Jogja Arif noor Hartanto, ada juga Rifki Listianto (Sekretaris) dan sejumlah pengurus harian serta semua anggota F-PAN DPRD Kota Yogyakarta. Mereka diterima oleh Ketua PDM Kota Yogyakarta Akhid Widi Rahmanto danĀ  jajaran pimpinan harian.

RESPONS JUGA : Ketua Muhammadiyah DIY Sambut Baik Silaturahmi PAN DIY

Dalam sambutannya Akhid mengingatkan bahwa PAN merupakan partai yang paling dekat dengan perserikatan Muhammadiyah. Relasi kedekatan itu ditunjukan melalui mekanisme formal Muhammadiyah yaitu berdasarkan hasil sidang tanwir Muhammadiyah di Semarang pada tahun 1998. Ketika itu diterbitkan, yang arahnya mengutus Ketua Umum Muhammadiyah di era saat itu yaitu Amien Rais untuk membentuk partai untuk mewadahi warga Muhammadiyah.

Sementara itu dalam sambutan Ketua DPD PAN Kota Yogyakarta Arif Noor Hartanto menggaris bawahi bahwa hubungan dan komunikasi antara PAN dengan Muhammadiyah harus lebih ditingkatkan mengingat tantangan kedepannya untuk memperjuangkan kepentingan umat semakin berat dan dibutuhkan sinergitas di dalamnya.

Pimpinan DPRD DIY periode 2014-2019 itu juga mengibaratkan secara historis bahwa PAN Kota Jogja merupakan anak dari PDM Kota Yogyakarta.

RESPONS JUGA : PAN DIY Gelar Konsolidasi Akbar, Wawali Singgung Muhammadiyah

Sekretaris DPD PAN Kota Yogyakarta Rifki Listianto mengungkapkan akhir dari forum silaturahmi itu membuka kesempatan kedua belah pihak untuk terus menjalin dan meningkatkan komunikasi. PAN Kota Jogja sendiri berkomitmen untuk merajut kembali kedekatan dengan Muhammadiyah yang beberapa tahun belakangan dirasa sedikit merenggang.

“Supaya keduanya bersinergi maka akan ditindaklanjuti dengan pertemuan-pertemuan di masing-masing tingkatan baik cabang dan ranting,” tutur anggota DPRD Kota Yogyakarta, itu. (Ara/Age)

Response (1)

Comments are closed.