Klaim Banyak Perempuan Hijrah ke Permata Ummat

  • Share
Ketua Umum DPP Partai Ummat Ridho Rahmadi bersama Permata Ummat DIY, usai acara pelantikan DPW Permata Ummat DIY, di Kantor DPW Partai Ummat DIY, Jalan Ngeksigondo, Kotagede, Jogja, Sabtu (6/11/2021). Foto : respons istimewa

RESPONS, JOGJA – Kemunculan Partai Ummat besutan Amien Rais telah diikuti dengan pendirian organisasi khusus perempuan bernama Perempuan Utama (Permata) Ummat. Entitas politik baru ini mengklaim banyak perempuan hijrah ataupun pindah bergabung di Permata Ummat.

Demikian mengemuka di acara pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Permata Ummat DIY, bertempat di Kantor DPW Partai Ummat DIY Jalan Ngeksigondo 5 Yogyakarta, Sabtu (6/11/2021). Ketua DPW Permata Ummat DIY periode 2021-2026 Siti Muslichatun kepada wartawan menyatakan dirinya merasa lebih nyaman berada di Permata Ummat.

RESPONS JUGA : Partai Ummat Jogja : Cabut BPR Syariah, Isyarat Anti Simbol Islam

Apalagi organisasi perempuan ini sudah resmi terdaftar di KemenkumHAM serta memiliki AD/ART. “Alhamdulllah, wadah baru ini cocok. Saya memasukkan 22 orang pengurus harian ke Permata Ummat mudah sekali,” ungkapnya.

Ini karena mereka rata-rata punya motivasi yang kuat. Tidak heran banyak yang kemudian hijrah bergabung ke Permata Ummat. “Kita tidak punya dana, tidak ada bantuan dari partai. Kita mandiri, bantingan dan alhamdulillah terpenuhi. Orang-orang yang masuk Permata Ummat adalah orang-orang pilihan,” tandasnya

Berpindahan politik dimaksudkan mengarah dari PAN, partai yang juga didirikan Amien Rais. Sebagai misal mantan tokoh tokoh perempuan yang dulu di PAN dan sekarang duduk sebagai pembina di antaranya Tutiek Masria Widyo dan Martia Adelheida, keduanya pernah menjadi anggota DPRD DIY.

Adapun Siti Muslichatun sendiri merupakan istri dari Nazaruddin yang saat ini duduk sebagai Wakil Ketua DPP Partai Ummat. Sebelum bergabung di Partai Ummat Nazaruddin juga pernah menjabat sebagai Ketua DPW PAN dan sebagai anggota DPRD DIY.

Ketua DPP Permata Ummat Euis F Fatayaty mengatakan tujuan didirikannya Permata Ummat yaitu mewujudkan perempuan mandiri yang menjadi garda terdepan bagi kemaslahatan umat. “Permata Ummat sudah berdiri di 23 provinsi,” ungkapnya.

Menurut Euis, Permata Ummat didirikan dengan memperhatikan prinsip-prinsip demokrasi, persamaan dan keadilan guna memberikan kesempatan kepada kader, anggota dan simpatisan yang memenuhi persyaratan.

RESPONS JUGA : Partai Ummat DIY Yakin Sedot Suara Mayoritas Warga Muhammadiyah

Acara pelantikan tersebut juga dihadiri Penasihat DPP Permata Ummat Kusnasriyati yang merupakan istri dari Amien Rais. Ia tidak segan-segan memuji kiprah kaum perempuan, apalagi setelah melihat penampilan mereka yang kompak dan berseragam.

Tidak hanya bajunya yang bagus tetapi hatinya juga,” ucapnya. Tak lupa Kusnasriyati juga mengajak Permata Ummat senantiasa mengedepankan akhlak dalam setiap kegiatannya.H

Hadir juga dalam acara pelantikan, Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) DIY, Zulaikha serta Ketua Umum DPP Partai Ummat, Ridho Rahmadi. Ridho mengatakan pelantikan Permata Ummat sebagai bunda-bunda yang punya peran penting mengawal perjuangan Partai Ummat dari rumah sehingga lebih mengakar.

“Dengan keberadaan Permata Ummat, Insya Allah Partai Ummat akan jauh lebih kuat dan mengakar. Kemudian, setelah mengakar melakukan ekspansi, mengembangkan dan meluaskan Partai Ummat. Kita lihat ibu-ibu sangat aktif tipologinya dalam berbagai macam kegiatan seperti pengajian dan sebagainya. Kegiatan itu bisa dijadikan jalur jalur perjuangan untuk membantu umat,” kata Ridho.

RESPONS JUGA : Partai Ummat Diarahkan Jadi Partai Kader

Terlebih pada situasi politik dan alam demokrasi saat ini yang tampaknya menunjukkan adanya ketakutan penguasa kehilangan kekuasaannya, harapannya Permata Ummat menjadi arah terwujudnya negeri yang baldatun tayyibatun warabbun Ghofur. “Untuk menuju ke sana tentu butuh tahap-tahap,” kata dia.

Ridho mengibaratkan alam demokrasi dan situasi politik sekarang ini ibarat tanah tandus yang belum siap ditanami. Agar menjadi gembur maka perlu transformasi. Partai Ummat akan menanam politik berkualitas tinggi sekaligus sebagai satu pilar baru yang memiliki daya dorong melawan kezaliman dan menegakkan keadilan. (Ara/Age)

  • Share