Lain dari yang lain, Padmanaba Peringati Hari Jadi dengan Bedah Rumah

  • Share

RESPONS.id – Jika biasanya sekolah atau lembaga memperingati Hari Jadi dengan berbagai gelaran pentas seni, di SMAN 3 Kota Yogyakarta berbeda dengan yang lain. Sekolah yang akrab disapa Padmanaba itu menggelar even yang unik. Untuk memperingati Hari Jadi ke 77, Ikatan Alumni dan siswa menggelar “bedah rumah”.

Kegiatan bedah rumah ini diinisiasi alumni Padmanaba dengan melibatkan seluruh civitas menyasar karyawan sekolah tersebut. Dimana pihak sekolah dan alumni yang melakukan pemilihan.

Tahun ini, ada empat rumah milik karyawan Padmanaba yang mereka bangun kembali. “Kegiatan ini untuk menginspirasi generasi Padmanaba mendatang agar mereka tetap berbakti kepada sekolah tercinta ini,” ujar Ketua Alumni Dr Hendri Saparini, disela peresmian Bedah Rumah, di halaman SMAN 3 Kota Yogyakarta, Kamis (19/9).

Bedah rumah ini, melibatkan hampir seluruh angkatan dari Padmanaba. Dari mulai angkatan 50-an yang sudah sepuh sampai angkatan sangat muda, bahkan siswa di SMAN3 juga berpartisipasi. ”Kami semua serkileran. Adik-adik yang masih belajar juga sama. Mereka patungan untuk berbagi dan bebakti kepada sekolah,” katanya.

Rumah yang dipilih ini merupakan tempat tinggal karyawan yang sudah mengabdikan diri puluhan tahun di SMAN 3 Kota Yogyakarta.

Rumah yang disasar berada di Kabupaten Sleman dan Bantul. ”Peringatan Hari Jadi kali ini memang menjadi tekad dari semua stake holder di SMAN 3 untuk menjaga kebersamaan dan migunani tumraping liyan,” kata Ketua Panitia Danang Surya.

Launching bedah rumah ini dimulai setelah siswa, guru, dan alumni menyelenggarakan upacara Hari Jadi SMAN Kota Yogyakarta ke 77.

Meski bedah rumah, saat launching dikemas dengan sangat unik. Ada Barisan Bhineka Tunggal Ika yg terdiri dari alumni dan siswa manca negara yg berpakaian berbagai daerah diiringi musik etnik oleh siswa kelas 12.

Barisan tersebut ketika tiba di lokasi disambut oleh smoke boom dan Barisan Pesawat Tanpa Awak (Drone). Salah satu pesawat menurunkan Pusaka dan diberikan kepada kepada Ketua Alumni Hendri Saparini. Kemudian, Hendri melaunching sekaligus live streaming dari lokasi Bedah Rumah di Sleman berupa pemotongan tumpeng dan peletakan bata pertama.

Bersamaan dengan itu dilepas 77 aneka burung. Tujuan pelepasan burung untuk lebih mencintai lingkungan dan sebagai pengingat pentingnya acara hari ini yaitu Bersatu dan Berbagi, kata Danang mengakhiri.

Pada acara ini jg dilakukan perkenalan kembali web Padmanaba yaitu Padmanaba.id. sebagai media untuk melihat semua info kegiatan seluruh alumni, termasuk info perkembamgan bedah rumah. (*/Ara)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.