Menelisik Pesta Demokrasi RW 10 Suryodiningratan di Masa Pandemi

  • Share
Prosesi pesta demokrasi pemilihan RW 10 Suryodiningratan yang menggunakan sistem bauran antara daring maupun luring, Minggu (24/10). Foto : respons istimewa

RESPONS, JOGJA – Pandemi Covid-19 tak menjadi penghalang bagi seluruh warga RW 10 Suryodiningratan, Kota Jogja untuk berpartisipasi memberikan hak pilihnya di pesta demokrasi tingkat RW.

Hal tersebut dibuktikan dengan antusiasme yang tinggi oleh warga di Pemilihan Serentak Ketua RT, RW, dan Ketua Muda-Mudi RW 10 Suryodiningratan, Minggu, (24/10).

Dari total 300 undangan yang disebarkan oleh panitia, terdapat 265 orang yang turut serta dalam pemilihan. Meski partisipasi yang cukup tinggi, untuk mengantisipasi adanya penyebaran COVID-19, pada pemilihan kali ini dibuat secara unik yang berbeda dari pemilihan-pemilihan sebelumnya.

RESPONS JUGA : Langkah Politik Kedepan dan Milenial

Salah satunya adalah menggunakan sistem bauran atau campuran antara daring maupun luring dalam tahapan penjaringan calon, sosialisasi pemilihan, pemungutan hingga perhitungan suara.
‚ÄúPemilihan kali ini kami buat berbeda dari biasanya, dengan metode bauran antara daring maupun luring,” ucap Sekretaris Panitia Pemilihan, Aditya Sewanggara A.W.

Saat pemungutan suara menggunakan e-voting bagi para pemilih yang memiliki permasalahan Kesehatan maupun sedang berada di luar kota. Selain itu, para warga tidak perlu datang ke TPS untuk melihat hasil pemungutan maupun perhitungan suara. “Semua kegiatan kami siarkan secara langsung baik melalui platform zoom maupun youtube eRWe 10 Suryodiningratan,” terang Aditya.

“Sehingga walaupun proses pemilihan dilakukan secara bauran, kami menjamin bahwa proses pemilihan ini sesuai dengan asas-asas pemilihan umum pada Pasal 22E ayat (1) UUD NRI 1945 yaitu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” lanjutnya.

RESPONS JUGA : Kasus Cyber Crime Masih Menggila

Acara pemilihan tersebut ditutup oleh Ketua Panitia Pemilihan, Ofan Rifqi Aldrino yang dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua panitia dan seluruh warga RW 10 yang sudah turut serta membantu meramaikan pesta demokrasi di RW 10 Suryodiningratan.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa proses acara pemilihan kali ini mendapatkan perhatian yang cukup tinggi dari masyarakat umum, hal tersebut dapat dilihat dari jumlah penonton siaran langsung proses pemilihan ini telah disaksikan sebanyak 475 kali di channel youtube eRWe 10 Suryodiningratan.

Dalam akhir sambutannya, Ofan menyampaikan hasil rekapitulasi suara. Kandidat Ketua RT 34 terpilih adalah Agustinus Supardjidjo, Kandidat Ketua RT 35 terpilih adalah Godod Sutedjo, kandidat Ketua RT 36 terpilih adalah Imam Santoso, kandidat ketua RW 10 terpilih adalah Yana Arifin, dan kandidat Ketua Muda-Mudi terpilih adalah Monica Aprilla Kintan.

RESPONS JUGA : Membangun Nation and Character Building

Pesta demokrasi tingkat RW tersebut mendapatkan perhatian khusus oleh Wakil Walikota Jogja Heroe Poerwadi. Melalui video singkat, beliau menyampaikan bahwa apresiasi sangat tinggi diberikan kepada seluruh warga RW 10 Suryodiningratan dan secara khusus diberikan kepada panitia pemilihan ini yang telah menyukseskan serta meramaikan pesta demokrasi pada tingkat RW ini.

Sinergi antara generasi muda yang kreatif di RW 10 berhasil memberikan terobosan baru mengenai prosesi pemilihan dan penghitungan yang dapat dilakukan secara bauran serta disiarkan secara langsung melalui media sosial youtube. Heroe mendoakan agar kandidat terpilih yang akan menjadi ketua RT, RW maupun Muda-Mudi dapat saling bersinergi untuk membangun RW 10 Suryodiningratan menjadi lebih baik lagi. (*/Ara).

  • Share