Menguat Muktamar Luar Biasa PKB Gantikan Cak Imin

  • Share
Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau biasa disapa Cak Imin.

RESPONS, JAKARTA – Desakan menggelar muktamar luar biasa Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), semakin meluas. Mereka menginginkan pergantian pucuk pimpinan partai, Muhaimin Iskandar.

Eks pengurus DPC PKB Jeneponto, Sulawesi Selatan, Andi Mappatunru menyatakan alasan pengurus daerah ingin menggelar Muktamar Luar Biasa karena disinyalir Cak Imin melakukan banyak pelanggaran anggaran dasar dan rumah tangga (AD/ART) PKB.

“Karena kenapa? Teman-teman di DPW maupun di DPC pada musyawarah wilayah maupun cabang secara serentak 2020 kemarin menurut teman-teman banyak AD/ART dilanggar,” kata Andi dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (12/4).

Masih dilansir dari CNN Indonesia Andi mengatakan bahwa DPP PKB belakangan ini secara serampangan menunjuk Ketua dan para pengurus DPW hingga DPC. Padahal, sesuai AD/ART PKB seharusnya melakukan penjaringan nama pengurus DPC melalui DPW.

“Tapi kemarin di pemilihan wilayah enggak terjadi seperti itu. Ujug-ujug muncul SK ketua DPW. Lalu pemilihan ketua DPC juga. Sehingga teman-teman anggap musyawarah wilayah dan cabang serentak 2020 kemarin enggak sesuai AD/ART,” kata Andi.

RESPONS JUGA:Putusan Penolakan KLB Demokrat Bukan Hadiah

Ia juga menjelaskan mekanisme penjaringan Ketua DPW dan DPC dalam AD/ART harus diusulkan minimal lima orang calon kepada DPP. Akan tetapi, Andi mengklaim para Ketum DPW dan DPC PKB dipilih belakangan ini berdasarkan kedekatan dengan Cak Imin.

Andi menilai kondisi PKB saat ini tak sesuai dengan cita-cita dan pendiri PKB terdahulu. Salah satunya tak dibuka ruang demokrasi untuk memilih calon ketua umum di tingkat kepengurusan daerah-daerah.

Ini enggak demokrasi, tapi sangat-sangat kedekatan dengan ketua wilayah dengan ketua DPP. Sangat dimungkinkan ada permainan money politics. Karena yang memilih DPW dan DPC yakni pemimpin DPP, yakni Muhaimin. Siapa yang dekat itu yang ditetapkan,” kata dia.

sisi lain, Andi mengklaim sekitar 10 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan 113 DPC PKB sudah konsolidasi untuk mendukung Muktamar Luar Biasa PKB tersebut.

RESPONS JUGA:Isu Kudeta, Demokrat DIY: Layu Sebelum Berkembang

Meski demikian, Andi enggan membeberkan DPW dan DPC mana saja yang sudah merencanakan Muktamar Luar Biasa tersebut.

“Itu rahasia. Rahasia. Nanti. Nantilah kami rilis secara tertulis setelah semua rampung. Sekarang juga kami sudah komunikasi dengan petinggi-petinggi partai PKB yang ada di DPP. Mereka wait and see aja,” tambah dia. (*).

  • Share