PAN DIY Mulai Jalankan Sosialisasi Pra Muscab

RESPONS, JOGJA – Partai Amanat Nasional (PAN) DIY mulai merapikan struktur kepengurusan hingga tingkat cabang ataupun kecamatan. Sosialisasi pra musyawarah cabang (muscab) pun mulai didengungkan setelah sebelumnya sukses mengggelar Musda di lima Kabupaten/Kota se-DIY.

Sekretaris DPW PAN DIY Indaruwanto Eko Cahyono menjelaskan sosialiasi Pra Muscab PAN dilaksanakan pada tanggal 19-21 Maret 2021, di lima kepengurusan DPD PAN Kabupaten/Kota. Meliputi DPD PAN Kota Jogja, Sleman, Gunungkidul, Kulonprogo dan Bantul.

“Kami akan sosialisasikan agar masing-masing DPD segera menyiapkan menjalankan Muscab di seluruh Kecamatan, ” terang Ndaru, Rabu (17/3).

RESPONS JUGA: Dorong Nandur Sek Dipangan, Mangan Sek Ditandur

Politisi muda yang saat ini menjabat sebagai Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Jogja itu menyebutkan sosialiasi ditujukan agar dilaksankan penyiapan kepengurusan tingkat DPC setingkat kecamatan, sebagai upaya merapikan struktur dalam rangka menghadapi Pemilu 2024.

Ndaru menuturkan setelah terbitnya Surat Keputusan pengurus DPW PAN DIY maka salah satu yang harus dilaksanakan adalah menyelenggarakan muscab seluruh DPC se-DIY. “Sesuai AD/ART hasil kongres PAN di Kendari 2020 bahwa permusyawaratan tingkat cabang diselenggarakan oleh dua tingkat kepengurusan diatasnya yaitu DPW,” terangnya.

Menurutnya, setelah nantinya selesai muscab selanjutnya akan dilaksanakan Musyawarah Ranting/tingkat Kelurahan yang diselenggarakan oleh DPD PAN masing-masing Kabupaten/Kota. “Secara administrasi SK DPC itu nanti diterbitkan oleh DPW dan SK DPRt diterbitkan oleh DPD,” ucapnya.

RESPONS JUGA:New Comers Warnai DPRD Jogja, Tertinggi Indaruwanto

Di DIY, PAN merupakan salah satu partai politik yang memiliki basis besar dan merata dengan kepengurusan struktur partai ada di seluruh kecamatan. Hasil pemilu 2019, PAN berhasil memiliki satu keterwakilan kursi DPR RI, juga memperoleh sebanyak tujuh kursi di DPRD DIY dan berhak mewakilkan anggotanya duduk di kursi Pimpinan Dewan.

Pada pemilu 2024 mendatang, target perolehan kursi di setiap kabupaten/kota akan dibahas dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) sekaligus pelantikan secara serentak pengurus DPD PAN lima Kabupaten/Kota. Demikian pula target kursi DPR RI dan DPRD DIY akan dibahas pada waktu rapat kerja wilayah (Rakerwil).

RESPONS JUGA:Beri Selamat, PAN DIY Siap Kawal Kinerja Bupati Sleman

“Untuk target perolehan kursi pemilu 2024 setidaknya mempertahankan yang sudah ada, namun tentu kita juga inginkan ada penambahan, itu akan dibahas di Rakerda maupun di Rakerwil,” terang pria asal Kotagede, itu. (Age)