Pasar Nglarisi Konco Dewe Sedot Banyak Pengunjung

  • Share
Anggota DPRD Kota Jogja dari Fraksi PKS Nurcahyo Nugroho bersama ibu-ibu pelaku UMKM lokal di Gelaran Pasar Nglarisi Konco Dewe yang dilaksanakan di Lumbung Mataman, Kampung Purbayan Kotagede, Jogja, Minggu (14/11/2021). Foto : respons.id

RESPONS, JOGJA – Guna menggairahkan para pelaku UMKM, sebuah pasar dengan konsep Nglarisi Konco Dewe terus dikembangkan. Tak ayal pasar ini pun mampu menyedot banyak pengunjung seperti yang terjadi di Lumbung Mataman, Kampung Purbayan Kotagede, Jogja, Minggu (14/11/2021).

Terdapat sebanyak 20 pelaku UMKM yang berada di kampung Purbayan keluar rumah untuk menggelar lapak ataupun stand di lahan yang telah disediakan. Di pasar dadakan itu kaya bearagam jenis dagangan yang telah dibawa oleh para pelaku UMKM di kampung Purbayan.

RESPONS JUGA : PKS Jogja Kembangkan Konsep Pasar Nglarisi Kanca Dewe

Upaya para para pelaku UMKM menyatu berdagang di limasan lumbung mataman pun tak sia-sia. Sontak, pusat jual beli UMKM yang baru kali pertama mereka lakukan itu pun mampu menyedot banyak pengunjung berdatangan untuk berbelanja.

Salah satu tokoh di Kampung Purbayan, Nurcahyo Nugroho mengatakan para pelaku UMKM lokal mengikuti pasar Nglarisi Konco Dewe dengan antusiasme yang tinggi. Tidak hanya para penjual, namun juga banyak pengunjung berdatangan untuk belanja ataupun sekedar melihat lihat.

“Kami berharap dengan pasar Ngalirisi Konco Dewe ini maka ekonomi masyarakat lokal dapat kembali bangkit setelah sekian lama terdampak pandemi,” ucap Nurcahyo.

Menurut Nurcahyo, penamaan pasar Ngalirisi Konco Dewe sebagai upaya agar perputaran ekonomi yang berasal dari masyarakat lokal juga kembali ke masyarakat. Pasar Nglarisi Konco Dewe bertujuan untuk menggairahkan pasar lokal.

“Ternyata banyak para pelaku UMKM disini ketagihan minta diadakan lagi Pasar Nglarisi Konco Dewe, ini,” ucap Anggota DPRD Kota Jogja dari daerah pemilihan lima Kota Jogja itu.

RESPONS JUGA : Desak Refocusing APBD Jogja Tangani Covid-19

Politisi PKS itu menjelaskan kegiatan ekonomi merupakan rangkaian menyambut Musyawarah Cabang (Muscab) DPC PKS Kotagede. Gelaran Nglarisi konco dewe ini juga dilaksanakan di Balai Budaya Gambiran Umbulharjo dengan rangkaian kegiatan Senam Sehat, Pelayanan Kesehatan dan juga Cooking Class.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua DPD PKS Kota Jogja Nasrul Khoiri. Program tersebut merupakan terusan dari DPD PKS Kota Jogja yang sudah dilaunching sejak 17 Oktober 2021, lalu, ujar Nasrul. (Ara/Age) 

  • Share