PDIP Jogja Dampingi Masyarakat Produksi Hand Sanitizer

RESPONS.id – Kebutuhan hand sanitizer sebagai pembersih cuci tangan, semakin meningkat. Sebagai solusi, masyarakat diharapkan mampu memproduksi sendiri.

Seperti yang dilakukan DPC PDIP Kota Yogyakarta, yang melakukan pendampingan masyarakat dalam membuat hand sanitizer sebagai upaya pencegahan bahaya wabah corona virus disease 2019 (covid19).

“Selain kami melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai tempat, untuk kebersihan lingkungan kami juga mengedukasi warga untuk mampu membuat hand sanitizer, ” terang Sekretaris Gugus Tugas Lawan Covid19 DPC PDIP Kota Yogyakarta Endro Sulaksono, di sela sela acara bakti sosial di Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Selasa, (31/3/2020).

Menurut Endro, bahan-bahan untuk membuat larutan hand sanitizer masih banyak dijual di pasaran. Endro berharap melalui pendampingan tersebut kebutuhan hand sanitizer sudah dapat diproduksi oleh masyarakat sendiri. “Sehingga akan menjadi lebih hemat, ” katanya.

BACA: Corana, PDIP Kota Jogja Dukung Belanja Dana Tak Terduga Rp3,5 Miliar

Tangani Corona di DIY, Komisi A Setuju Alokasi Dana Tidak Terduga Rp14,8 Miliar

Dalam bakti sosial tersebut dilaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka pencegahan dan penanganan ancaman wabah Covid19. Selain pendampingan masyarakat cara membuat hand sanitizer, juga dilakukan penyemprotan disinfektan serta sosialisasi terkait social distancing. “Selain sosialisasi pencegahan Covid19 kami juga terus mengupayakan kebersihan lingkungan dan kebersihan diri, ” katanya.

Endro menjelaskan, kegiatan bersama masyarakat tersebut akan terus dilaksanakan sesuai protokol pencegahan Covid19. Tim dilengkapi menggunakan seperti masker, kaos tangan dan Alat Pelindung Diri (APD) lainnya. Bendahara DPC PDIP Kota Yogyakarta tersebut, juga meminta kepada masyarakat untuk menghubungi timnya, jika daerahnya ingin dilakukan penyemprotan.

“Kita lakukan penyemprotan bergotong royong bersama masyarakat, dari kampung ke kampung. Alhamdulillah sambutan masyarakat positif dan baik ” ujar anggota DPRD Kota Yogyakarta, itu.

Ketua DPC PDIP Kota Yogyakarta Eko Suwanto menambahkan mendukung pemerintah dalam menanggulangi bahaya bencana Covid19. Partainya, juga memberikan apresiasi dan simpati yang luar biasa kepada dokter, perawat, dan semua yang bekerja keras melakukan pemeriksaan dan pengobatan pasien Covid19.

“Untuk itu mari kita bantu dengan mengajak masyarakat disiplin melakukan pencegahan Covid19 dengan stay home, tinggal di rumah, senantiasa cuci tangan dan menjaga kebersihan”, ujar Politisi muda PDIP yang menjabat Ketua Komisi A DPRD DIY, itu.(Ara)

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.