PKS Jogja Datangkan Ratusan Warga Ikuti Vaksinasi

Walikota Jogja Haryadi Suyuti didampingi para petinggi PKS DIY dan PKS Kota Jogja saat meninjau prosesi vaksinasi yang dilaksanakan PKS Kota Jogja, bertempat di Gedung PKS Kota Jogja, Sabtu (7/8). Foto : respons.id

RESPONS, JOGJA – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Jogja menggelar vaksinasi massal, bertajuk Merdeka Vaksin, Sabtu (7/8). Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor DPW PKS DIY tersebut mengundang antusiasme warga mengikuti vaksinasi dengan jumlah sekitar 500 peserta.

Karena banyaknya warga yang mengikuti vaksinasi, maka panitia membagi dalam lima tahapan sesi, untuk menjamin interaksi tetap dalam kondisi jaga jarak. Peserta rela mengantri cukup panjang dari masjid yang berada di belakang kompleks gedung DPW PKD DIY.

RESPONS JUGA : Politisi PKS Ini Ingatkan Program Merdeka Vaksin Harus Serius

Ketua DPD PKS Kota Jogja, Apt Nasrul Khoiri, mengatakan vaksinasi sebagai salah satu ikhtiar untuk mencegah penularan covid dan menimimalisir dampak serius paparan covid sudah menjadi program utama pemerintah sekaligus menjadi kebutuhan utama masyarakat.

Menurutnya dari evaluasi di lapangan masih ditemukan beberapa tantangan dan hambatan dalam pelaksanaan vaksin. Tantangan dan kendala itu seperti sebaran dan ketersediaan stock vaksin yang tidak merata, serta kesadaran masyarakat untuk vaksinasi masih belum maksimal.

“Karena itu perlu upaya serius dan terobosan kreatif dari pemerintah untuk mengatasi hambatan-hambatan yang ada,” tambahnya.

DPD PKS Kota Jogja sebagai bagian komponen masyarakat berkomitmen memberikan dukungan penuh atas upaya tersebut, salah satu bentuknya adalah menyelenggarakan agenda vaksinasi massal dengan sasaran target kader, simpatisan dan keluarga serta masyarakat umum.

“Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada Pemerintah Kota Jogja melalui Dinas akesehatan yang telah membantu ketersediaan slot vaksin untuk kebutuhan vaksinasi massal PKS,” katanya.

RESPONS JUGA : PKS DIY Minta Gubernur Tak Ragu Tarik Rem Darurat

Nasrul juga mengatakan, seluruh SDM kegiatan vaksinasi massal ini dilaksanakan oleh kader-kader kesehatan PKS kota Jogja, sehingga tidak mengganggu prioritas pelayanan SDM nakes Pemerintah Kota Jogja.

“Harapannya dengan momentum peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 76 Agustus ini, bangsa Indonesia umumnya dan warga masyarakat kota Yogyakarta bersatu padu merdeka dari ancaman pandemi covid,” ucapnya.

Sementara itu Ketua DPW PKS DIY Agus Mas’udi mengungkapkan vaksinasi massal yang digelar itu sekaligus sebagai jawaban atas banyaknya pertanyaan masyarakat soal vaksin Covid-19.

“Di masyarakat kita masih terjadi perdebatan vaksin dan anti vaksin. Kami dari PKS menyatakan sikap jelas bahwa kami mendukung vaksinasi yang digelar pemerintah karena vaksinasi ini efektif menanggulangi penyebaran wabah Covid-19,” kata Agus.

RESPONS JUGA : Dewan Minta Tambahan Vaksin di Jogja Segera Turun

Agus mengatakan di dalam situasi pandemi ini ibarat sebuah perang melawan penjajah seperti masa perjuangan kemerdekaan lalu. “Hanya bedanya kita sekarang menghadapi musuh yang tidak terlihat, sehingga senjata kita sekarang hanya menjaga protokol kesehatan dan vaksinasi ibarat baju besi atau rompi anti peluru kita,” kata Agus.

Dalam gelaran vaksinasi tersebut juga dihadiri oleh Walikota Jogja, Haryadi. Dalam kesempatan itu Haryadi memastikan stock vaksin walaupun saat ini masih terbatas. Ia membantah munculnya informasi di media sosial yang menyebutkan kelangkaan vaksin di Kota Jogja. “Banyak informasi di media sosial Jogja langka vaksin. Saya sampaikan, bismillahirrohmanirrohim kalau itu tidak benar,” ucapnya.

RESPONS JUGA :Soal Darurat Militer, PKS Sebut Muhadjir Ngawur

Dalam penyelenggaraan vaksinasi massal, PKS juga dilaksanakan launching program tebar seribu bendera merah putih kepada para peserta dan beberapa perwakilan organisasi maupun perwakilan unsur masyarakat. (Ara/Age)