PKS Jogja Mulai Siapkan Kader Cawali, Siapakah Dia?

DPD PKS Kota Jogja membuat terobosan baru dengan membentuk beragam komunitas masyarakat dalam rangka penguatan jaringan, bertempat di Pendopo Migunani, Kompleks Kantor DPD PKS Kota Jogja, Minggu (11/4). Foto: Ara/respons

RESPONS , JOGJA – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Jogja mulai menyiapkan diri menuju suksesi sebagai calon Walikota (cawali) Jogja, pada Pilkada Kota Jogja 2024. Partai berlambang dua bulan sabit mengapit seuntai padi itu beriktiar akan mengusung calon kepala daerah dari kader internal.

“Ikhtiar kami memenangkan Pilkada Kota Jogja dengan mengusung kader sebagai calon walikota/wakil walikota, ” terang Ketua DPD PKS Kota Jogja, Nasrul Khoiri, saat menyampaikan pencanangan target politik kepengurusan DPD PKS Kota Jogja periode 2020-2025, dalam acara Rakerda bertempat di Pendopo Migunani, Umbulharjo, Kota Jogja, Minggu (11/4).

RESPONS JUGA: Sri Sultan Singgung Logo Baru PKS

Saat ditanya, menilik perjalanan Pilkada selama ini, PKS Jogja belum pernah sukses menempatkan kadernya duduk di kursi eksekutif, atau juga PKS langka mengusung calon kader internal. Maka, kali ini seberapa serius PKS menyiapkan kadernya maju di Pilkada 2024?. “Jadi, kalau kewajiban berikhtiar politik sudah kami lakukan, namun untuk hasil sudah ada takdirnya,” ujarnya.

Ikhtiar menyongsong Pilkada Kota Jogja 2024, terus disiapkan DPD PKS Kota Jogja. Persiapan itu antara lain terus melalukan konsolidasi politik dan juga menyiapkan salah satu figur internal yang akan dimunculkan maju di Pilkada. Ditanya, siapakah kader yang siapkan maju di Pilkada? “Nanti dulu, untuk siapa namanya belum saatnya dimunculkan saat ini, nanti Insya Allah ada waktunya memunculkan ke permukaan,” jawab Nasrul.

Saat ditanya lagi, siapakah inisial nama kader yang dipersiapkan dan jangan-jangan berinisial NK (Nasrul Khoiri)?, Nasrul menyampaikan mohon maaf siapakah kader yang akan diusung saat ini belum bisa disampaikan.

RESPONS JUGA: Target 10 Kursi, PKS DIY Anggap Gelora Tak Diperhitungkan

Nasrul mengungkapkan target suksesi kader internal maju di Pilkada 2024 dapat sebagai calon walikota atau juga bisa sebagai calon wakil walikota. Namun untuk sampai saat ini arahnya tertuju pada posisi cawali.

Dalam rakerda tersebut PKS Kota Jogja menaruh optimisme mampu meningkatkan prestasi politik dengan menambah jumlah kursi dari lima kursi menjadi tujuh kursi di DPRD Kota Jogja. “Peningkatkan capaian pemilu pada pemilu 2024 sejumlah 39.000 suara atau senilai 7 kursi DPRD Kota Jogja,” terangnya.

Penguatan Jaringan 

Rakerda sendiri merupakan forum pengambilan keputusan dan penetapan program kerja serta target capaian kinerja tahun 2021. Tema yang diusung adalah “Terus Melayani dan Membela Rakyat”, dengan harapan program kerja yang disusun dijiwai oleh semangat pelayanan dan pembelaan rakyat.

Nasrul dalam orasi politik dihadapan perwakilan unsur DPD dan DPC PKS se-Kota Jogja mengatakan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam sambutan acara penutupan rakerwil PKS DIY memberikan wejangan agar PKS tidak terjebak pada tebar pesona tetapi harus bisa menghadirkan perwujudan tebar kinerja.

“Harapan Sultan tersebut menjadi bahan perenungan sekaligus pelecut semangat pengurus PKS di Kota Jogja agar keberadaan PKS benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, ” ucapnya.

RESPONS JUGA: PKS Jogja Luncurkan Pendopo Aspirasi, Targetkan 7 Kursi

PKS Kota Jogja akan melakukan penguatan jaringan ditengah masyarakat dengan ragam aktivitas dan bentuk kegiatan produktif yang menguatkan sendi-sendi sosial kemasyarakatan. “Secara khusus tahun 2021 oleh PKS Kota Jogja ditetapkan sebagai tahun penguatan jaringan dengan pembentukan berbagai macam komunitas pengabdian dan pelayanan, ” terang Nasrul.

Penguatan komunitas itu antara lain terbentuknya Komunitas UMKM Bangkit “Jogja Gumregah”, Komunitas Donor Plasma Penyintas Covid19, Komunitas Gotong Royong “Gugur Gunung” dan Komunitas “Kartu Migunani”. Berikutnya juga ada Komunitas Relawan Tanggap Bencana, Komunitas Konseling Keluarga dan Pemberdayaan Perempuan “Rumah Keluarga Indonesia” serta Komunitas Youth Digital-preneur

“Komunitas-komunitas tersebut akan ditumbuhkan di setiap lingkup jejaring anggota PKS sehingga masyarakat secara langsung akan bersentuhan dan merasakan manfaat aktivitas PKS Kota Jogja,” tegas Nasrul.

Dalam kesempatan itu secara simbolis dikukuhkan perwakilan pengurus komunitas yang telah terbentuk tersebut. Rakerda dihadiri seluruh unsur DPD dan seluruh perwakilan 14 DPC PKS se-Kota Jogja. Dihadiri pula Ketua DPW PKS DIY, Agus Mas’udi. (Ara)

Response (1)

Comments are closed.