Polda DIY Semprot Disinfektan Gedung DPRD DIY

  • Share

RESPONS.id – Penyemprotan dengan menggunakan cairan disinfektan mulai dilaksanakan di kantor pelayanan publik, di DIY. Penyemprotan bertujuan untuk mencegah penyebaran wabah virus Corona.

Sejumlah aparat kepolisian dari Detasemen Gegana Sat Brimob Polda DIY, melaksanakan penyemprotan dengan cara menyisir setiap ruangan di Gedung DPRD DIY, Rabu (18/3/2020). Pelaksana Harian (Palakhar) Komandan Detasemen Gegana Sat Brimob Polda DIY, AKP Suripto menjelaskan penyemprotan disinfektan di kompleks Gedung DPRD DIY karena merupakan salah satu tempat pelayanan publik yang banyak dikunjungi masyarakat. Selain itu memang  dari pihak dalam DPRD DIY mengajukan permohonan penyemprotan.

“Hari ini kita laksanakan di kompleks Gedung DPRD DIY. Tempat-tempat yang biasa disentuh ataupun berkurumun dari pada banyak orang, ” terang Suripto, di sela-sela memimpin penyemprotan di Gedung DPRD DIY.

Dalam operasi penyemprotan disinfektan tersebut, Polda DIY mengerahkan sebanyak 16 personil yang dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD). Di DIY, penyemprotan di kantor lembaga publik tersebut merupakan kali pertama, sejak wabah virus Corona meluas di berbagai daerah di Indonesia.

Sesuai rencana, penyemprotan akan dilanjutkan dalam beberapa hari ke depan di kantor-kantor pelayanan publik atau di tempat-tempat yang menjadi konsentrasi banyak orang. “Hari ini DPRD dulu rencana juga di kantor kecamatan-kecamatan. Tiap hari ada sasarannya. Biarpun kecil, tapi kita laksanakan semaksimal mungkin, ” tutur dia.

Hanya saja, untuk pengadaan butir sebagai bahan disinfektan masih mengalami kendala, karena stok menipis. Takarannya, setiap satu butir untuk lima liter air. “Kita sudah koordinasi senang pihak Dinkes (Dinas Kesehatan), tapi kemudian dilempar ke BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), dari BPBD diminta kembali ke Dinkes lagi, ” terang Suripto.

Sekretaris Komisi A DPRD DIY Retno Sudiyanti mengaku karena menunggu respons BPBD DIY cukup lama, maka permohonan penyemprotan disampaikan kepada Polda DIY. “Brimob itu (bekerja) kepada masyarakat yang membutuhkan, ” ucap Retno.

Pihaknya mengaku penting mengambil inisiatif dalam pencegahan wabah Corona. Karena penyebaran virus Corona¬† tidak mengenal gender ataupun tempat. “Apalagi di DPRD DIY ini banyak tamu, aktivitas tinggi. Maka secepatnya harus disemprot, ” tutur politisi Gerindra, itu. (Ara)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.