RS Sarjito Krisis Oksigen, Sukamta : Pemerintah Segera Turun Tangan

Anggota Komisi I DPR RI Sukamta PhD. Foto : Dok Respons.id

RESPONS, JOGJA – Sebanyak 63 pasien di Rumah Sakit Umum Pusat Dr Sardjito, Yogyakarta, dikabarkan meninggal dalam sehari semalam kemarin (4/7) karena keterlambatan pasokan oksigen. Menanggapi hal ini Anggota DPR RI asal DIY, Sukamta menyatakan belasungkawa dan duka cita yang mendalam.

Menurut Sukamta kejadian keterlambatan pasokan oksigen ini sangat tragis dan harus segera diantisipasi agar tidak terulang. “Pak Menkes seminggu yang lalu menyatakan menjamin pasokan oksigen untuk rumah sakit, ternyata di RS Sarjito dan beberapa rumah sakit di DIY alami kelangkaan oksigen. Bahkan polri hingga para produsen juga mengatakan menjamin ketersediaan oksigen,” tera g Sukamta, dalam keterangan tertulis yang diterima Respons.id, Minggu (4/7).

RESPONS JUGA : Pembahasan RUU Perlindungan Data Pribadi, Deadlock

Sukamta mengungkapkan kenyataannya di Yogyakarta, RS Sarjito dan beberapa rumah sakit terjadi kelangkaan. Antara jaminan Pak Menkes dengan kondisi lapangan tidak sesuai. “Dengan kondisi RS yang saat ini sudah kedodoran tangan pasien covid, kelangkaan oksigen ini akibatnya sangat fatal,” ucapnya.

Oleh sebab itu Wakil Ketua Fraksi PKS ini minta Pak Menkes untuk cek lapangan dan segera turun tangan. “Sangat penting Pak Menkes dalam situasi darurat saat ini untuk terus cek kondisi lapangan, tidak hanya cukup tiap hari. Jika perlu tiap jam dan tiap menit. Supaya semua perkembangan di lapangan yang terjadi di daerah-daerah diketahui dengan baik dan bisa segera diantisipasi. Mohon jangan sampai kelangkaaan oksigen ini terjadi, yang dipertaruhkan nyawa,” katanya.

Lebih lanjut Sukamta juga mengusulkan sebagai antisipasi jangka panjang agar setiap rumah sakit bisa difalisitasi oleh pemerintah untuk dilengkapi generator oksigen.

RESPONS JUGA : PKS Soroti SKB ITE, Ada Dua Catatan

“Prediksi dari para ahli, pandemi covid ini bisa terjadi dalam beberapa gelombang. Maka ledakan jumlah pasien ke rumah sakit bisa terjadi kapan saja. Maka setiap rumah sakit perlu diperkuat dengan fasilitas kesehatan yang memadai. Termasuk yang sangat krusial adalah kebutuhan oksigen. Pemerintah dalam hal ini bisa fasilitasi pengadaan generator oksigen di rumah sakit di daerah-daerah,” terang Sukamta. (*/Ara/Age)