Tahun Ini Eksekusi Pembangun Tol Jogja – Bawen

  • Share

RESPONS, JOGJA – Pembangunan jalan tol jalur Jogja – Bawen akan dieksekusi mulai 2021, dalam tahun ini. Khusus yang melintasi wilayah DIY, pembangunan tersebut berjarak tempuh sepanjang 87,7 Kilometer.

Wakil Ketua Komisi C DPRD DIY Gimmy Rusdin Sinaga menjelaskan pembangunan jalur tol Jogja Bawen akan dilaksanakan mulai 2021 dan ditargetkan selesai pada tahun 2023. Menurutnya, semua persiapan pra pembangunan sudah selesai, termasuk pembebasan lahan warga.

RESPONS JUGA:Membahayakan, Bahu Jalan Jembatan Bintaran Sitimulyo Ambrol

“Semua pembebasan tanah yang terdampak sudah clear, warga sudah dapat ganti untung,” terang Gimmy dalam keterangan pers, di ruang Lobby Gedung DPRD DIY, Jumat (6/3).

Politisi PDIP itu mengatakan pembangunan jalur tol Jogja – Bawen dianggarkan Rp933 Miliar, khusus melewati wilayah DIY sepanjang 87,7 Kilometer, meliputi enam desa yang terdiri dari Kecamatan Mlati, Sayegan dan Tempel. “Kita sudah lakukan kunjungan ke lapangan untuk mengecek, kita pastikan semua sudah clear,” terangnya.

Termasuk berkaitan dampak ekonomi pembangunan tol tersebut, Gimmy mengaku telah mengusulkan agar dibuatkan exit tol yang menghubungkan dengan rest area dan industri umkm. “Sehingga biar mutar-mutar dulu dan berkesempatan mampir ke tempat tempat usaha warga,” ungkapnya.

RESPONS JUGA:Membahayakan, Bahu Jalan Jembatan Bintaran Sitimulyo Ambrol

Totalnya anggaran pembangunan jalan tol jalur Jogja –  Bawen sendiri menelan sebesar Rp7,5 triliun. Sementara dua jalur lain yaitu jalur Jogja – Solo dan Jogja Cilacap belum dapat terlaksana dalam tahun ini. (Ara)

  • Share