Tangani Covid-19, Partai Ummat Dukung Seruan Muhammadiyah

Jajaran Pengurus DPW Partai Ummat DIY, saat gelar jumpa pers menyikapi lonjakan kasus penularan Corona Covid-19 di DIY, Selasa (29/6). Foto : respons istimewa

RESPONS, JOGJA – Seminggu terakhir penyebaran virus corona di DIY makin tak terkendali. Desakan kepada pemerintah daerah pun bermunculan agar lebih serius dalam menangani penularan COVID-19.

Desakan itu salah satunya muncul dari DPW Partai Ummat DIY. Partai baru besutan Amien Rais itu mendukung seruan Muhammadiyah yang telah dikeluarkan oleh Muhammadiyah Covid-19Covid-19 Command Center (MCCC) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY dan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) DIY. Mereka mendesak Pemerintah Daerah betul-betul serius menangani penyebaran Virus Corona yang semakin tidak terkendali.

“Pemerintah Daerah bersama dengan DPRD perlu memberi contoh kepada masyarakat dengan menghentikan segala kunjungan kerja ke luar daerah, serta kegiatan-kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan dan melanggar protokol kesehatan,” terang Sekretaris DPW Partai Ummat DIY, Iriawan Argo Widodo, dalam press release, yang diterima respons.id, Selasa (29/6).

RESPONS JUGA : Lama Tak Muncul, Hanafi Rais “Comeback”

Menurutnya, Pemerintah Daerah perlu segera mengambil langkah-langkah yang efektif dan terukur, termasuk upaya melakukan “rem darurat” untuk membatasi mobilitas warga dengan melakukan pembatasan sosial yang berskala massif. “Jika diperlukan dengan melakukan karantina wilayah (lockdown), dalam 15 hari ke depan, untuk mengurangi resiko penyebaran yang semakin tidak terkendali, ” ucapnya.

Ketua DPW Partai Ummat DIY Dwi Kuswantoro mengatakan sebagai konsekuensi dari penerapan pembatasan sosial tersebut, maka untuk mengantisipasi dampak sosial dan ekonomi, Pemerintah Daerah perlu melakukan refocusing anggaran APBD Tahun Anggaran 2021, baik pada tingkat Propinsi maupun Kabupaten/Kota. Selain itu jika memungkinkan secara aturan perundang-undangan, juga yang ada pada alokasi Dana Keistimewaan (Danais), demi menjamin kehidupan warga menghadapi kondisi kedaruratan dengan pemberlakuan pembatasan sosial tersebut.

RESPONS JUGA : Zulhas : Ashlan Wasahlan Partai Ummat

“Kami meminta kepada semua jajaran Dewan Pengurus Daerah (DPD) dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Ummat se DIY untuk bersama-sama komponen masyarakat lainnya membantu mengurangi beban saudara-saudara kita di wilayah masing-masing,” terang dia. (Ara)

Response (1)

Comments are closed.