Zulhas : Ahlan Wasahlan Partai Ummat

Para petinggi PAN : Ketua MPP PAN Hatta Rajasa, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Dewan Kehormatan PAN Soetrisno Bachir, Sekretaris PAN Eddy Soeparno, Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay hadir dalam acara pelantikan pengurus DPW PAN DIY, di hotel Innaa Garuda, Jalan Malioboro, Jogja, Senin (14/6). Foto : Respons istimewa

RESPONS, JOGJA – Pendirian Partai Ummat yang dipelopori oleh Amien Rais mendapatkan sambutan dari Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas). Besan Amien Rais itu menyampaikan ucapan ahlan wasahlan Partai Ummat.

Demikian mengemuka saat Zulhas menyampaikan sambutan dihadapan ratusan kader PAN di DIY, dalam acara pelantikan pengurus DPW PAN DIY yang bertempat di Ballaroom, Hotel Inna Garuda, Jalan Malioboro, Jogja, Senin (14/6).

RESPONS JUGA : Para Petinggi PAN Temui Haedar Nashir, Inilah yang Dibahas

Zulhas meminta para kadernya menyikapi hadirnya Partai Ummat seperti halnya partai-partai baru yang dilahirkan partai lain. “Ada Partai Ummat mari kita sambut ahlan wasahlan (bagian keluarga),” terang Zulhas, dibagian akhir sambutan.

PAN dan Partai Ummat, menurut Zulhas dapat diibaratkan dalam satu keluarga antara bapak dan anak. Ia mencontohkan Partai Golkar memiliki tiga anak (partai-partai baru besutan tokoh-tokoh dari Golkar), tapi Partai Golkar tetap menjadi partai besar.

Kemunculan partai baru juga berdampak terurainya konflik di internal partai. “Karena konflik internal dapat terurai. Dalam berpolitik (konflik internal) sudah satu keniscayaan, kalau sudah lama kan, pasti kan ada anaknya. Golkar kan tiga, ya enggak apa-apa,” kata Zulhas.

RESPONS JUGA : Zulhas, Hatta, SB Hadiri Pelantikan PAN DIY, Ada Pesan Politik?

Saat ditanya, apakah artinya kehadiran Partai Ummat berpotensi mengancam PAN?, “Ya, masing-masing. Kan kalau kita lihat Golkar masih nomor dua, anak hidup, bapaknya makmur, kan gitu ya,” tutur Zulhas saat diwawancarai mengkonfirmasi sambutannya tersebut.

Mantan Ketua MPR RI itu juga menyinggung sosok Amien Rais yang merupakan tokoh tak akan tergantikan siapapun, dalam membesarkan PAN. “Ada yang tanya, apa ada pengganti Pak Amien?, saya jawab tidak mungkin ada yang menggantikan Pak Amien,” ungkapnya.

RESPONS JUGA : Ketua PDM Jogja Sebut PAN Partai Dekat Muhammadiyah

Menurut Zulhas, Amien Rais merupakan tokoh dengan segudang kiprah. Seperti terlibat dalam reformasi, profesor, doktor lulusan University of Chicago.

Namun, Zulhas meminta para kader tetap optimis akan masa depan PAN karena saat ini juga bermunculan tokoh-tokoh baru yang bergabung bersama PAN. Sebagai misal, di Banten, yang menjadi Ketua DPW PAN adalah Walikota Serang yang merupakan tokoh Nahdatul Ulama (NU). Di Sulawesi Barat, juga ada tokoh PAN yang baru saja datang, yang sebelumnya menjabat bupati dua periode dari partai lain.

“Tokoh baru yang datang, akan lebih banyak lagi, ” kata Zulhas. (Ara/Age)