Zulhas, Hatta, SB Hadiri Pelantikan PAN DIY, Ada Pesan Politik?

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan memberikan tongkat pataka kepada Ketua DPW PAN DIY Suharwanta, dalam acara pelantikan pengurus PAN DIY di Ballroom Hotel Inna Garuda, Senin (14/6). Foto : Respons

RESPONS, JOGJA – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) melantik Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN se-DIY di Hotel Grand Inna Malioboro Yogyakarta pada Senin, (14/6).

Prosesi pelantikan tampak istimewa, karena dari sisi kehadiran semua petinggi PAN turut hadir. Selain Zulhas, hadir dua mantan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa yang saat ini menjabat sebagai Ketua MPP PAN, kemudian Soetrisno Bachir (SB) selaku Ketua Dewan Kehormatan PAN.

RESPONS JUGA : Ketua PDM Jogja Sebut PAN Partai Dekat Muhammadiyah

Ketua DPW PAN DIY Suharwanta dalam sambutannya menganggap acara pelantikan tersebut hal istimewa karena dihadiri secara lengkap oleh unsur DPP PAN. Menurutnya, konsolidasi PAN DIY berjalan solid dan cepat, dalam sebulan sudah tersusun pengurus di lima DPD, 78 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan 438 Dewan Pimpinan Ranting (DPRt) PAN se-DIY.

Wakil Ketua DPRD DIY itu mengungkapkan DPW PAN DIY menggali ide dan gagasan besar dari kader PAN dengan senantiasa kerja keras dan berkontribusi untuk manfaat serta kesejahteraan masyarakat. DPW PAN DIY beserta jajaran di bawahnya telah silaturahmi dan menjalin komunikasi dengan Muhammadiyah.

“Target DPW PAN DIY untuk mengulang kejayaan seperti dalam Pemilu 2004 dengan meraih dua kursi DPR RI serta 11 kursi DPRD DIY, termasuk menambah perolehan kursi DPRD Kota/Kabupaten se-DIY di Pemilu 2024 yang akan datang,” terangnya.

Suharwanta juga menyinggung kesamaan gerakan antara PAN dan ormas Muhammadiyah yang ingin mewujudkan masyarakat utama yang berkemajuan. “PAN berkomitmen mewujudkan masyarakat yang berkemajuan dan ini sudah sesuai dengan gerakan persyarikatan muhammadiyah,” katanya.

RESPONS JUGA : Ketua Muhammadiyah DIY Sambut Baik Silaturahmi PAN DIY

Sementara itu Ketua MPP DPP PAN, Hatta Rajasa dalam sambutannya menegaskan PAN sebagai partai terbuka telah ditetapkan sejak Kongres pertama, yang saat itu digelar di Yogyakarta. PAN sebagai partai inklusif terbuka untuk semua masyarakat. “Kita selalu berusaha sungguh-sungguh agar PAN menjadi partai besar di pemilu 2024,” ucap Hatta, yang pernah menjadi Ketua Panitia Kongres pertama PAN, 21 tahun silam.

Sedangkan Soetrisno Bachir selaku Ketua Dewan Kehormatan DPP PAN dalam sambutannya berpesan kepada DPW dan DPD PAN se-DIY untuk selalu dekat dengan masyarakat. “Kedepan kami akan semakin sering kegiatan di DIY, ” katanya.

Ketua Umum DPP PAN, Zulhas dalam orasi politiknya menyampaikan segenap kader dan anggota untuk selalu berjuang untuk rakyat. Kita berpartai untuk mewujudkan keadilan sosial, pendidikan yang baik, ekonomi makmur dan kesejahtetaan rakyat. DPP PAN mentargetkan PAN DIY memperoleh dua kursi di Pemilu 2024 yang akan datang.

RESPONS JUGA : PAN DIY Gelar Konsolidasi Akbar, Wawali Singgung Muhammadiyah

Para petinggi PAN lainnya yang hadir dalam acara tersebut yaitu Sekretaris DPP PAN Eddy Soeparno, Totok Daryanto (Bendahara Umum), Saleh Daulay (Ketua Fraksi PAN DPR RI) serta Ahmad Mumtaz Rais sebagai Ketua Pengembangan Organisasi dan Keanggotaan (POK).

Disamping itu juga hadir Pengurus Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DIY, perwakilan dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY Azman Latif sekaligus memimpin doa acara pelantikan.

Pengurus Baru PAN di DIY 

Pembacaan surat keputusan pengurus DPW PAN DIY periode 2020 – 2025 disampaikan oleh Eddy Soeparno. Duduk sebagai Ketua DPW PAN DIY Suharwanta, Indaruwanto Eko Cahyono (Sekretaris) dan Sugeng Nurmanto (Bendahara). Pelantikan juga dilaksanakan secara serentak untuk pengurus masing-masing DPD PAN se-DIY. Mereka adalah Ketua DPD PAN Arif Noor Hartanto, Ketua DPD PAN Bantul Wildan Nafis, Ketua DPD PAN Gunungkidul Arif Setiadi, Ketua DPD PAN Sleman Raudi Akmal dan Ketua DPD Kulonprogo Ponimin Budi Hartono.

Hadiri sekitar 200 peserta dari unsur DPW-DPD PAN se-DIY, Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BMPAN), Perempuan Amanat Nasional (PUAN), Sistem Pengamanan Teknis Kegiatan (SIMPATIK), eksekutif dan legislatif PAN beserta kader PAN se-DIY dan tamu undangan lainnya, termasuk diikuti sebagian pengurus PAN yang mengikuti secara virtual dari masing-masing Kantor DPD PAN se-DIY.

RESPONS JUGA : PAN Kota Jogja Bagikan 150 Paket untuk Yatim dan Dhuafa

Sebelum hadir dalam pelantikan PAN se-DIY, jajaran DPP PAN silaturahmi ke kediaman Buya Syafi’i Ma’arif di Nogotirto Gamping Sleman, dilanjutkan silaturahmi ke Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kepatihan. Setelah acara pelantikan, rombongan DPP PAN silaturahmi ke Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir beserta jajaran pengurus lainnya di Kantor PP Muhammadiyah Jalan Cik Di Tiro Yogyakarta. (Ara).